ANIMASION

div style="position: fixed; top: 80px; right: 30px;width:160px;height:160px;">
Tutorial Blog

Sabtu, 30 Maret 2013

Organisasi Pertandingan


Organisasi Pertandingan Part 1 (Sistem Gugur)

Waktu jaman sma gw sering jadi panitia class meeting atau pertandingan-pertandingan 17an khusus untuk Basket. Jadi salah satu tugasnya adalah membuat bagan dan jadwal pertandingan.
Nah barusan ada temen yang menanyakan system pertandingan ini  ke gw untuk acara kantor dan wahhhhhhhh….ternyata gw lupa. Ahirnya gw coba cari2 di catatan lama gw dan sekaligus browsing-browsing juga.
Alhamdulillah ketemu. Biar gw juga selalu inget, maka gw coba tulis di Blog ini
Umumnya bagan sistem pertandingan dibagi menjadi dua macam yaitu :
  1. Sistem gugur
  2. Sistem Kompetisi (gw akan bahas di Posting yg lain)
sekarang gw coba bahas secara singkat
PERTANDINGAN SISTEM GUGUR
Bagan Pertandingan unttuk sistem Gugur adalah 2n
Contoh :
21 = 2
22 = 4
23 = 8
24 = 16
25 = 32
2n = …dst.
Maksudnya adalah Jika kita mau menyusun bagan pertandingan dengan sistem gugur, diusahan jumlah peserta pertandingannya disesuaikan dengan bilangan-bilangan tersebut. (Pesertanya 2 tim, 4 tim, 8 tim, 16 tim, 32 tim, dst) . Dengan begitu pembagiannya akan pas dan menjadi lebih mudah.
contoh jumlah peseta 8: (semuanya pas terbagi rata kan….)
Image 1 Sistem Gugur
Bagaimana apabila jumlahnya tidak sesuai dengan angka diatas?
Apabila jumlah peserta tidak pas (lebih atau kurang) dari bagan pokok maka dapat dilakukan dengan pertandingan “BABAK PENDAHULUAN” atau bisa juga menggunakan “SYSTEM BYE”
Untuk lebih mudahnya, ketentuannya sebagai berikut :
- Apabila jumlah peserta lebih dekat dengan rentang di atasnya maka bagan system gugur menggunakan Sistem Pendahuluan
contoh: 5 tim, 9 tim, 10 tim
- Apabila jumlah peserta lebih dekat dengan rentang di bawahnya maka bagan system gugur menggunakan Sistem BYEcontoh: 3 tim, 7 tim, 6 tim, 13 tim, 14 tim, 15 tim
Penjelasan:
Contoh Jumlah peserta    = 9
Angka 9 adalah rentang diantara bagan pokok 8 dan 16 dan lebih dekat dengan rentang  diatasnya, maka bagan pertandingan menggunakan pendahuluan.
Pertandingan antara A dan B dikatakan sebagai pertandingan pendahuluan .
Image 2 Sistem Gugur
Contoh Jumlah peserta 7
Angka 7 adalah rentang diantara bagan pokok 4 dan 8 dan lebih dekat dengan rentang di bawahya. Maka bagan pertandingan menggunakan bye denagn bagan pokok 8.
Pada bagan pertama peserta A masuk pada babak berikutnya tanpa melakukan pertandingan karena mendapatkan bye.
Image 3 Sistem Gugur
Image 3 Sistem Gugur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar