ANIMASION

div style="position: fixed; top: 80px; right: 30px;width:160px;height:160px;">
Tutorial Blog

Sabtu, 30 Maret 2013

MATA KULIAH didaktik dan metodik permainan




Apa itu Didaktik?
    Didaktik berasal dari bahasa Yunani didasko yang asal katanya adlah didaskein atau pengajaran yang berari perbuatan atau aktivitas yang menyebabkan timbulnya kegiatan dan kecakapan baru pada orang lain. Didaktus berarti pandai mengajar, sedang didaktika berarti saya mengajar.
Didaktik terbagi dua yaitu:

  1. Didaktik umum memberikan prinsip-prinsip yang umum yang berhubungan dengan penyajian bahan pelajaran agar anak dapat menguasai sesuatu bahan pelajaran.
  2. Didaktik Khusus membicarakan tentang cara mengajarkan mata pelajaran tertentu dimana prinsip didaktik digunakan. Didaktik khusus ini disebut juga metodik 

Apa itu Metodik ?
    Metodik yang berasal dari bahasa Yunani yaitu  metodos yang berarti mengajar, menyeldidiki, cara melakukan sesuatu, prosedur.
Metodik dibedakan dua yaitu :

  1. Metodik Umum yaitu pengetahuan yang membahas cara-cara mengajarkan sesuatu jenis mata pelajaran tertentu secara umum artinya hanya secara garis besar jalan pelajaran beserta kesulitan-kesulitan pada suatu mata pelajaran tertentu.
  2. Metodik Khusus adalah pengetahuan yang membentangkan cara-cara mengajarkan sesuatu jenis pelajaran tertentu secaea mendetail artinya diuraikan sampai kepada bagian-bagian yang sekecil-kecilnya.
Sumber :
Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP-Surabaya
CV. Rajawali, Jakarta (1981)
Gambar :http://www.horizonseducation.com/oureducators.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar